You cannot copy content of this page

Menginisiasi Edukasi dan Semangat Anti Korupsi di Kalangan Remaja

Saya (paling kiri) dan Ketua DPD GMPK Jateng Edy Susanto (tengah) saat siaran di Radio Cafe FM Purwodadi. Foto istimewa.

Korupsi seperti menjadi semacam penyakit kronis yang mendegradasi peradaban negeri ini. Nyaris tiap hari, pemberitaan tentang korupsi hilir mudik bak arus lalu lintas di negeri ini yang juga semakin padat merayap.

Korupsi bahkan telah ditetapkan sebagai extra ordinary crime. Karenanya, perlu cara-cara yang juga ekstra untuk mengatasinya. Pencegahan menjadi keniscayaan sebagai komplemen penting dalam upaya memerangi korupsi.

Generasi muda, dalam hal ini remaja, menjadi elemen yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Edukasi terkait seluk-beluk korupsi perlu dilakukan agar mereka melek dan memahami apa dan bagaimana korupsi. Edukasi juga terkait penanaman jiwa dan semangat anti korupsi sejak dini.

Sadar akan pentingnya sebuah gerakan yang di antara lokus gerakannya ada di upaya-upaya sistemik pencegahan korupsi, pada awal tahun 2017, saya menyambut ajakan untuk bergabung sebagai pengurus di Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) yang didirikan oleh mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol. (Purn.) Dr. Bibit Samad Riyanto, MM, Ph.D.

Oleh Ketua DPD GMPK Jawa Tengah Edy Susanto yang mengajak saya, saya diberi amanah sebagai Ketua Bidang Pendidikan Anti Korupsi DPD GMPK Jawa Tengah. Sebuah amanah yang berat menurut saya, karena sejauh ini saya belum pernah bersinggungan dengan pergerakan anti korupsi. Namun dengan niat baik dan kepedulian, bismillah, saya sambut amanah itu.

Dan pada Jum’at (3/3/2017) malam, untuk pertama kalinya saya—dalam kapasitas sebagai Ketua Bidang Pendidikan Anti Korupsi DPD GMPK Jawa Tengah—menjadi narasumber, mendampingi Ketua DPD GMPK Jawa Tengah Edy Susanto, pada on air live Bincang-bincang Malam (BBM) dengan tema “Remaja Keren, Remaja Anti Korupsi” di Radio Café FM Purwodadi.

Pertemuan DPD GMPK Jateng di Angkringan Milano Purwodadi. Foto istimewa.

Tema ini merupakan manifestasi dari gerakan edukasi dan penanaman jiwa anti korupsi sejak dini di kalangan remaja. Bagaimana pun remaja adalah calon generasi penerus estafet kepemimpinan bangsa. Di tangan merekalah kelak masa depan bangsa ini ditambatkan.

Karenanya inisiasi gerakan edukasi anti korupsi di kalangan remaja perlu dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan sebagai upaya mempersiapkan generasi anti korupsi.

Remaja perlu membangun integritas diri, membangun jejaring komunitas berintegritas, agar gelora anti korupsi menggema di kalangan remaja.

Alhamdulillah, berbagai ide-ide cerdas dan strategis mencuat di siaran tersebut. Antara lain perlunya membangun komunitas berintegritas, memperluas pendidikan anti korupsi sejak dini melalui cerita anak untuk level anak-anak (TK dan PAUD), membuat angkringan GMPK yang sekaligus sebagai pusat edukasi dan informasi korupsi, dan lain sebagainya.

Ide-ide itu nanti akan diakomodir dalam program GMPK Jawa Tengah di tahun 2017, yang akan dimatangkan di rapat kerja daerah (Rakerda) yang akan digelar dalam waktu dekat. In syaa Allah.* (kangasti.com)

 

 

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Comments

Edy susanto
Maret 4, 2017 at 3:49 pm

Lanjutkan perjuanganmu.. kawan.. karena hidup kalo hanya sekedar hidup.. binatang di hutan juga hidup..

Hidup harus berjuang.. untuk bisa menerangi,, berbagi dengan sesama.. apa saja wajib kita lakukan asal itu untuk kebaikan..

Terima kasih telah mau bergabung dengan GMLK

Salam perangi korupsi.. menuju Indonesia tanpa krupsi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *