Kiat Tembus Penghasilan Seribu Dolar per Bulan dengan Nge-Blog

Blog jika dikelola secara profesional akan dapat memberikan hasil yang besar juga. Selama ini banyak blogger yang mengelola blog secara sak senenge dhewe. Oleh karena itu, dalam rangka memaksimalkan pengelolaan blog bagi para blogger di Kabupaten Grobogan, organisasi Blogger Grobogan (BG) pada Minggu (5/3/2017) mengadakan silaturahmi dan blogging discussion dengan tema “Kiat Meraih Penghasilan $1000 per Bulan dengan Nge-Blog”.

Acara yang digelar di Angkringan Milano Purwodadi itu diikuti 25 orang blogger dan  menghadirkan narasumber seorang profesional blogger, Edi Suriyanto.

Saya sebagai ketua Blogger Grobogan (BG) selalu mengatakan, aktivitas nge-blog menjadi pilihan yang murah dan mudah sebagai sarana berbagi informasi dan inspirasi kepada orang lain melalui internet. Namun tidak hanya berhenti sampai di situ saja, karena bila dikelola dengan baik dan profesional, blog bisa menjadi sumber ekonomi yang sangat menguntungkan.

Dari sinilah muncul istilah “hobi yang dibayar”. Artinya, dari aktivitas nge-blog itu, seseorang bisa mendapatkan penghasilan uang yang tak sedikit, bahkan hingga puluhan juta rupiah.

Diskusi yang dihelat BG ini bertujuan untuk membagikan kiat dan langkah menembus penghasilan hingga seribu dolar  atau lebih melalui blog. Dalam hal ini BG menghadirkan seorang profesional blogger untuk berbagi cerita dan kiat terkait perjalanan suksesnya sebagai seorang blogger dengan penghasilan puluhan juta rupiah melalui blog.

Langkah Meraup $1000 per Bulan

Dalam kesempatan itu, Mas Edi—begitu saya biasa memanggil Mas Edi Suriyanto—menyatakan, membangun blog dengan earning seribu dolar per bulan bukanlah hal yang mustahil. Namun juga bukan merupakan hal yang mudah. Diperlukan semangat juang yang tinggi, fokus, konsistensi, dan kesabaran yang berlebih.

Garis besar pembuatan blog dengan penghasilan seribu dolar per bulan dimulai dari pemilihan topik blog, pembuatan blog, pembuatan artikel, dan upaya optimasi pengunjung blog melalui SEO off Page.

Terkait topik blog, Mas Edi memberikan tiga tips, yakni: yang kita suka, yang kita kuasai, dan yang potensial pengunjungnya besar.

Topik yang kita suka dan kita kuasai saja kadang tidak cukup, bila topik tersebut kurang potensial alias sedikit orang yang mencari topik tersebut di mesin pencarian.  Sebaiknya pilih topik yang ramai pengunjung dan bernilai ekonomi tinggi. Demikian menurut Mas Edi.

Lebih jauh dinyatakan, sebelum menulis artikel pun perlu riset untuk menemukan kata kunci yang tepat. Riset kata kunci ini penting untuk menemukan sebuah kata kunci yang banyak dicari orang di topik yang telah kita tentukan di awal.

Lalu setelah posting artikel, diperlukan langkah agar postingan artikel tersebut cepat terindeks di mesin pencarian seperti google, di antaranya dengan melakukan optimasi SEO off Page.

SEO off Page adalah kegiatan yang dilakukan agar artikel yang kita posting bisa berada di halaman pertama dan kalau bisa malah berada di nomor satu agar artikel tersebut dibaca oleh banyak pengunjung dari Google.

Intinya, menurut Mas Edi, agar dapat menghasilkan penghasilan yang besar, perlu membangun blog yang berisi banyak sekali artikel yang bagus dan bermanfaat, yang banyak dicari, dan artikel itu di peringkat atas saat dicari di google, sehingga blog kita banyak pengunjungnya, yang kemudian bila dipasang ikan bisa menghasilkan earning seribu dolar atau lebih per bulan.* (Kangasti.com)

Facebook Comments

Tentang Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di News. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *