You cannot copy content of this page

Dinas Kesehatan dan FMM KIA Grobogan Gelar Internalisasi Program Penyelamatan Ibu dan Bayi

Dalam rangka menyamakan persepsi terkait keterlibatan masyarakat dalam membangun akuntabilitas pelayanan di bidang kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Grobogan dan Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan menggelar pertemuan internalisasi program penyelamatan ibu dan bayi pada Sabtu (11/3/2017) bertempat di Sukarasa Resto, Jl. Purwodadi-Solo KM. 3 Purwodadi.

Pertemuan diikuti jajaran pengurus FMM KIA Kabupaten Grobogan, perwakilan pengurus FMM KIA kecamatan, dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Grobogan. Menurut pelaksana kegiatan Wiwik Puji Astuti,  acara bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait keterlibatan masyarakat dalam menciptakan akuntabilitas pelayanan di bidang kesehatan melalui gerakan FMM KIA dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi di kabupaten Grobogan.

“Acara juga dimaksudkan untuk menginternalisasikan program penyelamatan ibu dan bayi ke dalam organisasi masyarakat sipil yang tergabung di dalam FMM KIA,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan Drg. Lely Atasti, M.Kes saat memberikan sambutan…

Kepala DKK Grobogan Drg. Lely Atasti N, M.Kes dalam sambutannya menyatakan, FMM KIA merupakan instrumen yang penting dalam program penyelamatan ibu dan bayi. Karenanya peran dan keterlibatannya perlu terus didorong agar lebih maksimal lagi dalam upaya berpartisipasi menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Grobogan.

Adapun Ketua FMM KIA Kabupaten Grobogan Dokter Henny Sutrisno dalam kesempatan tersebut mempresentasikan praktik-praktik baik telah dilakukan oleh FMM KIA Kabupaten Grobogan, antara lain dalam hal pendampingan ibu hamil, penggalangan infaq bersalin, mobil siaga, dan lain-lain.

Ketua FMM KIA Kabupaten Grobogan Dr. Henny saat menyampaikan materi tentang praktik-praktik baik FMM KIA Grobogan

Sementara itu saya yang didaulat sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut menyatakan, ada beberapa praktik baik (best practice) yang telah dilakukan oleh FMM KIA di hampir dua tahun berkiprah di program penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Kabupaten Grobogan.

Hanya saja harus diakui bahwa peran-peran itu belum optimal. Meski FMM KIA sudah terbentuk di seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan dan bahkan telah membentuk Motivator Kesehatan Ibu dan Anak (MKIA) di 280 desa, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum aktif dalam arti roda organisasi belum bekerja dengan baik.

Saya saat menyampaikan materi tentang optimalisasi peran FMM KIA Kabupaten, kecamatan, dan MKIA desa…

Maka saya menyampaikan, agenda dan tantangan di tahun 2017 ini, FMM KIA Kabupaten Grobogan akan fokus melakukan pembekalan melalui program capacity building untuk mendinamisasi agar roda organisasi FMM KIA, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa, dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

FMM KIA juga akan lebih intensif untuk menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder dan memastikan program-program antisipasi kegawatdaruratan (unit respons emergency), seperti inventarisasi dan pendampingan ibu hamil, mobil siaga, infaq bersalin, dan donor darah berjalan dengan baik dan optimal.

Selain itu FMM KIA juga akan mendorong dan ikut memonitoring seluruh fasilitas kesehatan, baik rumah sakit maupun puskesmas, untuk membangun akuntabilitas pelayanan kesehatan yang baik, akuntabel, dan profesional.* (kangasti.com)

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Comments



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *