Serunya Mabit dan Fun Outbound di Bukit Maskumambang, Menawan, Klambu

Mabit berasal dari bahasa Arab yang artinya ‘menginap’. Namun, MABIT selain berarti ‘menginap’, juga akronim populer dari Malam Bina Iman dan Takwa.

Mabit merupakan salah satu program di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ilma Nafia Godong yang kami rintis dalam rangka memperkuat kecerdasan spiritual siswa sekaligus membangun kebersamaan dan ukhuwah antar-siswa.

Dalam Mabit, para siswa menginap bersama di sekolah bersama para guru pendamping. Acara dalam Mabit antara lain: shalat berjamaah, tilawah Al-Quran, kajian Islam, qiyamul lail berjamaah, muhasabah, dan lain-lain. Lalu, pagi harinya diteruskan senam bersama dan mengadakan games out door.

Shalat berjamaah…

Kajian Islam…

Ada yang beda dari Mabit para siswa SDIT Ilma Nafia Godong yang dihelat pada Senin-Selasa, 27-28 Maret 2017 lalu. Setelah semalam menginap bersama dan berjibaku dengan kegiatan-kegiatan yang kuyup dengan religiusitas, pagi harinya, para siswa dan guru pendamping bertolak ke Bukit Maskumambang yang berada di Desa Menawan, Kecamatan Klambu setelah sebelumnya senam bersama di halaman sekolah.

Mereka jalan kaki menuju Bukit Maskumambang yang berjarak sekira 6 km dari sekolah. Mereka berjalan dengan santai dan riang gembira, sehingga tak terasa, akhirnya sampai juga ke lokasi dengan selamat sentosa.

Berjalan kaki dengan riang gembira…

Game estafet gelang karet…

Memasukkan gelang karet ke dalam botol plastik…

Asyik dan seru ya…

Dari atas bukit maskumambang…

Berpose bersama…

Bukit Maskumbang, sebuah area perbukitan di Desa Menawan, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan. Bila berdiri di atas bukit itu, maka sejauh mata memandang adalah hamparan persawahan yang elok nian.

Di area bukit inilah kemudian para siswa terlibat dalam games outbound yang ringan tapi seru dan mengasyikkan. Salah satunya adalah game estafet gelang karet. Game ini antara lain mengajarkan kebersamaan, kerja sama tim, fokus, konsentrasi, sportivitas, dan kecepatan.

Setelah permainan usai, kembalilah semua menuju ke sekolah. Sayonara bukit maskumambang. Begitu mengesankan Mabit kali ini. Semoga membekaskan karakter positif bagi seluruh calon pemimpin masa depan dari SDIT Ilma Nafia Godong.* (Kangasti.com)

Facebook Comments

Tentang Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di News. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *