Mengabadikan Kenangan Bersama Anak dalam Sebuah Buku

Kave rbuku Ragam Fakta Unik, Menarik, dan Menakjubkan di Dunia Binatang

Anak pertama saya, Fathan Mubina Al-Mafruh, ketika berusia 2 tahun, sangat menyukai dunia binatang. Untuk memenuhi kesukaannya, saya pun membelikan berbagai hal yang berkaitan dengan binatang, seperti poster, buku-buku, maupun VCD berisi film yang mengupas tentang dunia binatang.

Selain itu, ia juga sering minta diajak untuk melihat kuda di pasar, ikan di kolam, cicak di dinding, bebek di sawah, burung, bahkan di musim capung saya dimintanya untuk menangkapkan capung untuknya, juga kupu-kupu dan jangkrik. Saya pernah membelikan kura-kura kecil untuknya. Sayang, karena tak memiliki pengetahuan bagaimana merawatnya, kura-kura mungil itu pun mati.

Karena itulah, ketika ada acara keluarga di Yogyakarta, tak lupa saya mengajaknya untuk mampir ke kebun binatang Gembira Loka. Mengajaknya melihat-lihat binatang yang sebelumnya hanya dilihatnya melalui poster, buku, dan film, seperti rusa, buaya, gajah, jerapah, unta, ular besar, dan sebagainya. Ia senang sekali. Tak lupa kami memotret beberapa binatang di sana untuk dokumentasi.

Anak saya, Fathan Mubina Al-Mafruh, digendong buliknya saat melihat seekor kura-kura besar di kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta

Meski saat ini, seiring dengan perkembangan usianya, minat anak saya terhadap binatang mulai menurun, tapi kami sudah telanjur memiliki banyak referensi tentang binatang. Karena itulah, suatu ketika—mungkin terdorong oleh naluri sebagai seorang yang menyukai dunia tulis menulis dan penerbitan buku—terbersitlah di hati saya untuk mengkompilasi berbagai ragam peristiwa unik dan menarik di dunia binatang itu, dan lalu membukukannya dalam sebuah buku.

Akhirnya, setelah menyeleksi berbagai bahan, menyusun poin demi poin keunikan binatang yang layak masuk, lalu jadilah draft sebuah buku. Di dalamnya berisi tidak kurang 80 kisah unik binatang yang saya olah dan saya sarikan dari berbagai literatur, terutama sekali di antaranya saya sarikan dari karya-karya ilmuwan besar asal Turki, Harun Yahya, baik buku maupun film. Selebihnya, saya sarikan dari literatur-literatur lain, baik dari buku, koran, majalah, maupun situs-situs science di internet.

Sebagian ilustrasi di buku tersebut juga saya ambilkan dari jepretan sewaktu mengunjungi kebun binatang. Naskah tersebut saya kirimkan ke penerbit Diva Press Yogyakarta, dan alhamdulillah di-acc. Tak berapa lama kemudian, naskah tersebut terbit menjadi buku dengan judul Ragam Fakta Unik, Menarik dan Menakjubkan di Dunia Binatang.

Buku tersebut menurut saya adalah sebuah langkah mengabadikan kenangan bersama anak dalam sebuah buku, sebagai kenangan bahwa dulu ia pernah sangat meminati sesuatu.

Dan anak saya kini telah duduk di kelas satu MTs (setingkat SMP) dan tak lagi meminati dunia binatang. Namun minatnya terhadap dunia binatang semasa kecil telah menginspirasi lahirnya sebuah buku, meski sederhana namun hemat saya cukup penting untuk memperkaya informasi dan pengetahuan bagi anak-anak terkait dunia binatang.* (@Kang Asti)

Facebook Comments

Tentang Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di Bilik Literasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *