You cannot copy content of this page

Catatan dari Kopdar Perdana Pelaku Wisata Grobogan di Front One Hotel Purwodadi

Berpose setelah kopdar

Alhamdulillah,  Rabu sore (27/9/2017), bertempat di Front One Hotel Purwodadi, saya bisa hadir dalam kopi darat (kopdar) perdana group whatsapp Pelaku Wisata Grobogan (selanjutnya saya sebut PWG). Group berbasis WA ini terinisiasi setelah acara sarasehan yang dihelat oleh InBound Tourism Community (IBTC) Jawa Tengah bersama para pelaku Wisata Grobogan di Grand Master Hotel pada Jum’at (15/9/2017) lalu.

Para pelaku wisata Grobogan merasa perlu untuk bersinergi dan menyatu dalam sebuah gerakan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Grobogan. Itu karena semata menginsafi dan menyadari begitu kayanya potensi pariwisata di Kabupaten Grobogan, yang sayang bila tidak dikembangkan secara maksimal.

Setelah cas cus dan discuss seru di whatsapp, maka dirasa perlu untuk diinisiasi kopdar, yang ke depan diproyeksikan diadakan secara rutin dan di tempat yang berbeda. Akhirnya, disepakati kopdar perdana dihelat di Front One Hotel Purwodadi atas prakarsa dari Pak Bagus Saputro selaku GM Front One.  Meski baru 7 orang yang dapat hadir, namun perbincangan dan sharing tetap berlangsung gayeng, antusias, dan penuh gairah.

Ketujuh pelaku wisata Grobogan yang hadir itu adalah:

  1. Samhudyanto, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan
  2. Bagus Saputro, General Manager Front One Hotel Purwodadi
  3. Joe, BJU Tours
  4. Nurul Hidayat, founder Scout Adventure Community (SAC)
  5. Rozak, Direktur CV. Dharma Raja Adventure
  6. Selsa, pegiat wisata di CV. Dharma Raja Adventure,  dan
  7. Saya sendiri, Kang Asti, mewakili Blogger Grobogan (BG) sekaligus ‘komporis’ wisata Grobogan 🙂

Meski ‘hanya’ bertujuh, namun group ini dan kopdar perdana itu diharapkan menjadi embrio dan cikal bakal lahirnya gerakan baru yang powerful bagi upaya pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Grobogan. Wadah ini diharapkan menjadi medium silaturahim, ajang sharing dan curah gagasan untuk mendapatkan konsep terbaik, sekaligus gerbong sinergi para pelaku wisata Grobogan untuk secara nyata mengeksekusi konsep dan agenda-agenda pengembangan wisata Grobogan.

Potensi Wisata Petualangan Air di Sungai Tuntang Kecamatan Kedungjati
Serunya arung jeram di Sungai Tuntang Kedungjati

Wadah ini juga divisikan menjadi laboratorium untuk mengurai hambatan dan problem kepariwisataan di Kabupaten Grobogan lalu bersama-sama bergerak untuk memajukannya.

Ada beberapa point yang disepakati dalam kopdar sore itu,  sebagai berikut:

  1. Kopdar kemarin secara gayeng membahas berbagai isu dan wacana kepariwisataan di Kabupaten Grobogan.  Lalu diskusi mengerucut pada wacana pengembangan wisata air sungai tuntang di Kecamatan Kedungjati yangg sejauh ini telah dikelola oleh sahabat-sahabat dari Dharma Raja Adventure. Kami sepakat bahwa potensi wisata arung jeram dan river tubing di sana sangat prospektif untuk dikembangkan secara optimal lagi,  sehingga ke depan bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Grobogan untuk kategori wisata petualangan air.
  2. Karena itu,  kami sepakat untuk segera melakukan langkah-langkah kongkrit untuk ikut membantu pengembangannya,  yang pada tahap awal akan diadakan sarasehan bertema “Optimalisasi Wisata Air Sungai Tuntang Kedungjati” dengan menghadirkan seluruh pelaku wisata Grobogan (terutama yang ada di group WA)  dan stakeholder terkait seperti camat,  kepala desa,  karangtaruna,  dan sebagainya. Sarasehan akan digelar pada hari Kamis,  12 oktober 2017 di lokasi (info detail menyusul kemudian)
  3. Dalam sarasehan tersebut kami semua berharap partisipasi dan kehadiran seluruh teman-teman yang ada di group WA,  dan juga pelaku wisata lainnya yang belum masuk di group,  karena kami berharap momen sarasehan nanti bisa menjadi momentum awal bagi kebangkitan pariwisata di Kabupaten Grobogan.
  4. Ke depan,  satu per satu potensi wisata Grobogan akan dibedah dan diupayakan secara bersama-sama untuk pengembangan dan optimalisasinya.

Itulah beberapa point yang bisa saya catat dari kopdar perdana Pelaku Wisata Grobogan kemarin. Semoga ayunan langkah kecil itu bisa menjadi tonggak bangkitnya pariwisata di Kabupaten Grobogan.  Salam Wisata Grobogan Bangkit!!!* (Kang Asti)

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *