100 Solusi Problematika Pengasuhan Anak

Kaver buku “Ayah Edy Menjawab”

Banyak persoalan pengasuhan anak sehari-hari yang dihadapi oleh para orangtua. Dari persoalan yang dianggap remeh temeh seperti bagaimana cara membiasakan anak buang air kecil di kamar mandi, bagaimana agar anak tidak mengompol di malam hari, dan bagaimana agar anak mau membantu pekerjaan di rumah; sampai persoalan yang sering bikin pusing seperti: bagaimana cara mengatasi anak yang menjadikan tangisan sebagai senjata untuk mendapatkan keinginannya, bagaimana memperlakukan anak yang suka membantah, dan bagaimana mengatasi kakak-beradik yang kerap bertengkar.

Konsultan perenting ternama Indonesia saat ini, Ayah Edy, melalui buku ini memberikan jawaban atau solusi atas berbagai problematika yang sering dihadapi para orangtua dalam mengasuh anak-anaknya sehari-hari. Jawaban-jawaban yang diberikan Ayah Edy bersifat solutif, praktis, aplikatif, dan argumentatif, berlandaskan pengalaman empirik dan data-data ilmiah.

Berbagai jawaban yang diberikan Ayah Edy dalam buku ini sangat membantu para orangtua dalam bersikap dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi para orangtua sehari-hari, sekaligus membuka “cakrawala baru” tentang pengasuhan anak.

Salah satu contohnya adalah pertanyaan tentang bagaimana memperlakukan anak yang suka membantah. Dalam menjawab pertanyaan ini, Ayah Edy tidak langsung memberikan solusinya, tapi terlebih dahulu memberikan informasi bahwa di balik sifat anak yang tidak mau diatur itu, sesungguhnya menunjukkan sebuah potensi yang terdapat pada diri anak tersebut, yakni potensi menjadi seorang pengatur alias seorang pemimpin. (hlm. 24).

Ini contoh “cakrawala baru” dalam menyikapi anak yang selama ini sering dianggap “bermasalah” yang diberikan oleh Ayah Edy. Pesan yang ingin disampaikan Ayah Edy adalah, sikap dan pengetahuan yang tepat terhadap apa yang terjadi pada anak, akan mengantarkan pada sikap yang benar dalam mengasuh anak.

Contoh lainnya adalah pertanyaan tentang bagaimana mengatasi kakak-adik yang kerap bertengkar? Menjawab pertanyaan ini, Ayah Edy menyatakan bahwa yang perlu dilakukan bukan mengatasi pertengkaran, melainkan mengelolanya. Kalau mengatasi, pendekatan yang nanti dilakukan adalah bagaimana supaya tidak bertengkar. Contohnya, kalau anak berebut mainan, orangtua yang tidak ingin melihat anaknya bertengkar akhirnya mengambil solusi membelikan dua mainan. Padahal ini tidak menyelesaikan masalah dan anak tidak belajar konsep berbagi. (hlm. 101-102).

Ada seratus persoalan sehari-hari yang terdapat di buku ini dan dijawab dengan sangat memuaskan oleh Ayah Edy. Seratus pertanyaan ini terbagi ke dalam tiga belas kelompok sesuai klasifikasi topik pertanyaaan, meliputi: Mengelola Karakter Unik Anak; Toilet Training; Table Manner; Melatih Kemandirian, Disiplin, dan Tanggung Jawab; Interaksi dengan Keluarga; Anak dan Sekolah; Anak dan Interaksi Sosial; Mengajari Anak Soal Uang; Membangun Self Esteem Anak; Perkara TV, Game, dan Gadget; Melatih Konsentrasi Anak; Pendidikan Seks Sejak Dini; dan Adaptasi Anak Pada Perubahan.

Kiranya hampir semua topik tentang pengasuhan anak tercakup dalam buku ini. Karenanya, tak pelak lagi, buku ini penting dibaca dan dimiliki oleh para orangtua sebagai semacam “kamus” yang menyediakan solusi atas berbagai problematika yang sering dihadapi oleh para orangtua dalam mengasuh anak-anaknya.* (Kang Asti)

Data buku:
Judul buku : Ayah Edy Menjawab 100 Persoalan Sehari-hari Orangtua
yang Tidak Ada Jawabannya di Kamus Mana Pun
Penulis : Ayah Edy
Penulis Pendamping : Aprilina Prastari
Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
Cetakan : IX, September 2013
Tebal : xvi + 284 halaman
ISBN : 978-602-9498-42-4

Riau Pos, edisi 3 Agustus 2014

Facebook Comments

Tentang Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di Resensi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *