You cannot copy content of this page

Mendeteksi Potensi Unggul Anak ala Ayah Edy

Buku “Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak”

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya sukses dalam kehidupannya. Sayangnya banyak orangtua yang “tersesat” dalam cara mengantarkan anaknya menuju kesuksesan. Banyak orangtua yang tidak mengetahui potensi unggul anaknya, akhirnya anaknya “terjerumus” atau “dijerumuskan” ke dalam sekolah atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan potensinya. Akibatnya, anak tidak mampu mencapai puncak kecemerlangan karirnya, bahkan tidak menikmati pekerjaannya. Pada gilirannya anak juga tidak bahagia dalam hidupnya.

Melalui buku ini, konsultan parenting Ayah Edy mengingatkan tentang pentingnya orang tua mengetahui potensi anaknya, agar dapat mengasah potensi itu sedini mungkin sehingga akan cepat bersinar. Anak-anak yang diketahui potensinya sejak dini, kemudian diasah dengan baik sesuai potensinya, maka ia akan meraih sukses dan bahagia secara lebih cepat.

Ayah Edy memberikan contoh artis Agnes Monica yang sejak dini diasah potensinya oleh orangtuanya. Orangtua Agnes Monica telah menemukan potensi unggul anaknya pada usia balita, lalu mulai mengembangkan potensi itu sejak Agnes berusia tiga tahun. Hasilnya, Agnes berhasil menjadi penyanyi dan penari yang kini semakin berkibar namanya di luar negeri. Agnes menjadi diva yang matang di usia yang terbilang masih sangat muda.

Memang, setiap anak lahir dengan potensinya masing-masing. Ibarat binatang, setiap binatang memiliki keunggulannya masih-masing. Burung elang unggul dengan kemampuan terbangnya. Bebek unggul dengan kemampuan berenangnya. Tupai unggul dengan kemampuannya memanjat pohon. Dan seterusnya. Kemampuan yang merupakan potensi unggulan itu tidak bisa dipertukarkan dan dipaksakan antar masing-masing binatang. Begitu pun potensi unggul pada setiap anak.

Lalu bagaimana mendeteksi atau mengetahui potensi unggul anak? Ayah Edy menyatakan, perilaku anak sehari-hari sesungguhnya adalah petunjuk awal tentang potensinya. (hlm. 6). Sebelumnya, Ayah Edy menyatakan, banyak anak di zaman sekarang yang memiliki bakat/potensi lebih dari satu. Seorang anak bisa jago melukis, cemerlang bermain piano, dan pandai matematika sekaligus. Potensi unggul adalah potensi yang terbaik di antara semua potensi yang ia miliki. Potensi unggul inilah yang harus Ayah dan Bunda temukan dalam diri setiap anak. (hlm. Xiii-xiv).

Dalam buku ini Ayah Edy menunjukkan lima langkah pemetaan potensi unggul anak; Langkah pertama, menyusun program stimulasi. Caranya, kenalkan anak pada semua jenis profesi yang berhubungan dengan dunia industri, jasa, kerajinan, kesenian, serta berbagai macam pameran dan pentas-pentas seni. Ajaklah anak sesering mungkin melihat sebanyak-banyaknya aktivitas dan profesi yang ada di dunia ini. (hlm. 40).

Langkah kedua, membuat daftar minat dan bakat. Caranya, buatlah sebuah daftar yang berisi aneka aktivitas atau bidang yang diminati anak. Kumpulkan sedikitnya sepuluh aktivitas atau bidang. (hlm. 48). Lalu dari sepuluh bidang itu discoring yang paling diminati anak.
Langkah ketiga, ujicoba minat dan bakat anak. Misalnya jika anak ingin jadi pemain piano, tawarkan ia untuk ikut kursus piano, untuk membuktikan apakah minatnya juga didukung oleh bakat yang kuat. (hlm. 49).

Langkah keempat, penajaman profesi. Misalnya, bila anak tertarik pada PESAWAT, coba dalami: Pesawat apa yang lebih ia suka? Pesawat komersil atau pesawat tempur? Kemudian, aspek apa yang ia sukai dari sebuah pesawat? Apakah ia tertarik pada desain, engineering, atau manajemennya? Apakah ia tertarik pada pilot yang menerbangkan pesawat atau justru bermimpi membangun pesawat yang lebih canggih? (hlm. 56). Dari penajaman itulah, kita akan bisa menemukan inti dari profesi impian anak sesungguhnya.

Adapun langkah yang terakhir atau langkah kelima adalah make a life plan. Bantu anak membuat life plan, karena life plan ibarat peta yang akan membimbing anak untuk sampai di tujuannya. (hlm. 61).

Berhentikah sampai di sini? Tidak. Masalah bisa saja muncul, yaitu saat anak ingin berpindah jalur ketika life plan sudah dirancang. Ini sangat mungkin terjadi. Apa saja penyebabnya? Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi? Atau apa yang dilakukan bila itu terjadi?

Ayah Edy, konsultan parenting dan penggagas Indonesian Strong from Home dengan cakap menjawabnya. Buku ini sangat penting sebagai kompas bagi orangtua dalam upaya mendeteksi potensi unggul anak dengan segenap kisi-kisinya. Tujuannya agar orangtua dapat menemukan potensi unggul anaknya dengan baik, sehingga kemudian anak dapat terasah potensinya sejak dini, hingga pada gilirannya kelak mereka dapat mencapai puncak kesuksesan yang sejati dalam hidupnya. Sukses dan bahagia.* (Kang Asti)

Data Buku:
Judul Buku: Rahasia Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak
Penulis: Ayah Edy
Penulis Pendamping: Sherly Puspita
Penerbit: Noura Books, PT Mizan Publika
Cetakan: 1, Februari 2014
Tebal: xvi + 175 hlm
ISBN: 978-602-1606-38-4

Tribun Jogja, edisi Minggu, 13 April 2014
Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *