Silaturahim dan Rihlah Literasi ke Rumah Baca BINTANG

Saya (kanan) saat menyerahkan donasi buku ke Mas Yulianto. Foto dokumen pribadi

Saya senang ada anak muda milenial seperti mas Yulianto yang dengan penuh kesadaran mengayunkan langkah untuk memijarkan api literasi di lingkungannya. Mendirikan taman baca di salah satu sudut rumahnya–yang setiap hari menjadi tempat kumpul anak-anak sekitar untuk membaca buku; menjadi pusat belajar mewarnai; membuat aneka kerajinan; mendongeng; dan lain-lain.

Rabu sore itu (28/3/2018), saya berkesempatan untuk silaturahim dan rihlah literasi ke Rumah Baca Bintang yang beralamat di Gg. Jajar RT 03 RW III Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, dan berbincang dengan mas Yuli. Serta menitipkan donasi berupa beberapa judul buku terbitan Hanum Publisher yang saya kelola.

Mas Yulianto adalah seorang sarjana perpustakaan. Ia tergugah untuk membuat rumah baca di rumahnya sebagai manifestasi tanggungjawab sosialnya kepada masyarakat, terutama anak-anak, di sekitar tempat tinggalnya. Mas Yulianto kini juga menekuni dunia bercerita dengan menjadi seorang story teller.

Saya berharap ada Yulianto-yulianto lainnya, generasi milenial yang peduli pengembangan literasi, sebagai sebuah kontribusi untuk menghebatkan negeri ini.

Salam literasi!

(Kang Asti, www.kangasti.com)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan