You cannot copy content of this page

Rihlah Literasi ke Angkringan Senyum Purwodadi

Saya (kiri) saat menyerakna donasi buku kepada mas Eko Herma, pengurus Karang Taruna yang menjadi salah seorang pengelola Angkringan Senyum. Foto dokumen pribadi.

Alhamdulillah, Rabu sore (11/4/2018) menjelang maghrib, saya berkesempatan silaturahim dan rihlah literasi ke Angkringan Senyum yang beralamat di Jl. Gajah Mada (Depan Gardu PLN) Purwodadi, Kabupaten Grobogan . Ada apa di Angkringan Senyum? Apa hubungannya dengan agenda rihlah literasi saya?

Ya, sebagaimana angkringan pada umumnya, di angkringan ini menjual nasi bungkus dan tetek bengek-nya, termasuk yang spesial adalah minuman Wedang Uwuh Khas Imogiri Yogyakarta. Tapi, bukan itu yang membuat saya mengayunkan langkah ke sini. Tapi karena di angkringan ini ada Pojok Bacanya.

Baca: Silaturahim dan Rihlah Literasi ke Rumah Baca Bintang

Jadi, pengunjung bisa membaca buku sembari menikmati menu-menu ala HIK (hidangan istimewa kampung) di angkringan ini. Dan karena itulah saya ke sini: silaturahim, rihlah literasi, dan donasi buku. Ada 15 judul buku yang saya donasikan, di antara buku-buku karya saya sendiri dan terbitan Hanum Publisher yang saya kelola.

Saya senang bila ada yang peduli dengan dunia literasi. Jualan tidak melulu soal cari duit, tapi lebih bernilai jika ada dimensi sosial dan pendidikan di dalamnya.

Angkringan Senyum yang dikelola oleh Karang Taruna ini telah secara genial memulai sesuatu yang mulia, meski masih sederhana. Saya berharap pengelola terus konsisten untuk mengelola Pojok Baca sebagai sebuah kontribusi untuk ikut mencerdaskan anak bangsa melalui pembudayaan tradisi membaca.

Salam literasi!

 (Kang Asti, www.kangasti.com)

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *