Salat Tarawih Bersama Syekh Kholid Umar dari Mali Afrika Barat

Syekh Kholid Umar dari Mali (kanan). Foto oleh Kang Asti

Atas undangan teman dari lembaga kemanusiaan One Care cabang Grobogan, Rabu malam (30/5/2018) saya merapat ke Masjid At-Taqwa Desa Bugel, Kecamatan Godong, Grobogan. Pada bulan Ramadhan 1439 H ini, One Care memang mengadakan acara Ramadan Peduli Kemanusiaan dalam bentuk roadshow ke 90 kota se-Indonesia dengan menghadirkan para da’i dari Timur Tengah.

Masjid At-Taqwa Desa Bugel termasuk salah satu masjid yang menjadi tuan rumah acara tersebut. Masjid At-Taqwa sendiri adalah masjid di bawah pengelolaan PC Muhammadiyah Kecamatan Godong. Saya sendiri hadir memenuhi undangan dari One Care. Dalam kesempatan itu One Care menghadirkan Syeikh Kholid Umar dari Mali, Afrika Barat.

Jemaah serius menyimak tausiyah Syekh Kholid. Foto oleh Andis

Setelah jamaah salat Isya, dilanjutkan salat tarawih dengan imam Syekh Kholid Umar, lalu dilanjutkan tausiyah dari beliau. Syekh Kholid yang sedang menyelesaikan disertasi S3-nya di sebuah perguruan tinggi Islam di Sudan itu banyak menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan dan persaudaraan Islam yang tidak dibatasi sekat-sekat negara dan bangsa. Persaudaraan hakiki dalam Islam dibuhul oleh tali keimanan.

Mengutip sebuah hadist, Syekh Kholid menyatakan bahwa perumpamaan kaum muslimin yang beriman dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan merasakannya. Karenanya Syekh Kholid mengajak jemaah untuk peduli terhadap bencana kemanusiaan yang menimpa saudara-saudara seiman di belahan dunia lain seperti di Palestina, Somalia, dan Rohingya.

Saya (paling kiri) berpose dengan Syekh Kholid seusai acara. Foto dokumen Rizaldy

Syekh Kholid menyampaikan tausiyahnya dalam Bahasa Arab yang diterjemahkan oleh seorang penerjemah dari One Care. Di sela tausiyah, digelar penggalangan dana kepada jemaah yang hadir melalui kardus amal One Care. Dan alhamdulillah, terkumpul dana sekira Rp 8 juta yang akan disumbangkan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara seiman di Somalia, Rohingya, dan lainnya yang membutuhkan.

Bagi yang ingin menyumbang untuk kemanusiaan, informasi tentang One Care dan programnya serta kontaknya bisa dibuka di laman website www.onecare.id.* (Kang Asti, www.kangasti.com)

Facebook Comments

Tentang Kang Asti

Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di News. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *