You cannot copy content of this page

Dari Pelatihan Asyiknya Nge-Blog: Ternyata Jadi Blogger Itu Asyik

Suasana Pelatihan Asyiknya Nge-Blog di Front One Hotel Purwodadi, Minggu (29/7/2018). Foto panitia

“Asyik dan Menarik”. Itulah kesan Galuh Ayu Mustika Jawi, seorang guru TK, peserta Pelatihan Asyiknya Nge-blog yang dihelat Mumtaz Training Centre (MTC) dan Blogger Grobogan (BG) pada Minggu, 29 Juli 2018, di Front One Hotel Purwodadi.

“Terima kasih, saya mendapat ilmu yang banyak mengenai blog dan menyenangkan,” kesan Dwi Ari Prasetyowati, peserta lain yang seorang guru SMK di Gubug.

“Asyik juga jadi blogger”. Kalau ini kesan Tomi Faisal, seorang pegiat sosial di Yayasan Khazanah Indahnya Sedekah (KIS) Purwodadi yang juga seorang pendamping dana desa.

Iya, hampir semua peserta senang mengikuti pelatihan nge-blog yang baru pertama kali dihelat untuk umum di Kota Purwodadi. Karena itu, mereka berharap agar segera diagendakan lagi pertemuan untuk mendapatkan ilmu lanjutan dari ilmu nge-blog tingkat dasar yang baru saja mereka peroleh.

Upaya Memasyarakatkan Blogging

Pelatihan nge-blog ini adalah merupakan upaya untuk memasyarakatkan blogging sebagai sebuah aktivitas yang positif untuk pengembangan diri. Blog bisa menjadi sarana hobi dan ekspresi; berbagi informasi, ide, gagasan, dan pengalaman; sarana menyebarkan dakwah dan nilai-nilai kebaikan; menjadi sarana personal branding; media informasi lembaga/perusahaan; media bisnis dan jualan online, dan sebagainya.

Mas Adi Prabowo saat menyampaikan materi tentang cara mudah membuat blog. Foto dari panitia
Ada sesi ice breaking untuk menghangatkan dan menggairahkan suasana pelatihan. Foto dari panitia

Sebagai fasilitator, saya kupas manfaat nge-blog itu satu per satu terutama blog sebagai sarana ekspresi diri, personal branding, dan bisnis.  Selain itu saya berbicara tentang tips asyik menulis kreatif di blog. Juga bagaimana menjaga konsistensi nge-blog.

“Membuat blog itu gampang,” kata saya. “Yang jauh lebih menantang adalah bagaimana membangun kontinuitas dan konsistensi nge-blog, dan membuat blog kita berkarakter karena isinya tak hanya copy paste dari tulisan dari blog lain. Melainkan original tulisan kita sesuai core competency dan misi kita nge-blog,” kata saya lebih lanjut.

Adapun materi tentang bagaimana cara membuat blog, cara posting tulisan dan menyisipkan picture, mengganti template, dan sebagainya, disampaikan oleh Mas Adi Prabowo, blogger dan onlineshoper yang juga Sekretaris komunitas Blogger Grobogan (BG).

Sebagian peserta berpose bersama seusai pelatihan. Foto dari panitia

Saat sesi praktik, selain dipandu fasilitator, juga ada Fikri Firmansyah dan Anggara Candra Mahardika, dua anggota dan pengurus Blogger Grobogan yang juga ikut memandu. Adapun sebagai seksi jeprat-jepret dihandel mas Dian.

Waktu ternyata serasa demikian singkat. Jam 09.00 hingga jam 15.00 wib begitu cepat berlalu. Sedang pelatihan nge-blog sedang asyik-asyiknya. Peserta sedang dalam semangat-semangatnya. Tapi, bagaimana pun, acara harus diakhiri. Semoga bisa segera diagendakan tindaklanjutnya sebagaimana yang diinginkan oleh semua peserta.* (Kang Asti, www.kangasti.com)

 

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *