You cannot copy content of this page

Serba-serbi Keseruan Seminar Mendidik Anak Saleh di Era Digital Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan

Seminar Smar Parenting “Mendidik Anak Saleh di Era Digital”

Setelah lantunan tilawah Al-Quran oleh Ust. Sunarto, S.Pd, salah seorang guru di SDIT Ilma Nafia Godong, acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Semua peserta berdiri. Lalu, berkumandanglah lagu kebangsaan ciptaan Wage Rudolf  Soepratman itu, dipandu oleh Sujinah, S.Pd, guru RAIT Ilma Nafia Godong, sebagai dirigen.



Selanjutnya laporan panitia oleh Ketua Majelis Silaturahim Guru dan Orangtua Walimurid (Masigo) Ilma Nafia Godong, Nikmatul Kholidah, S.Fil.I. Berikutnya sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari perwakilan Nafsul Mutmainah Achievment (NMA) Training Center, yang diwakili Suaf Moh. Yunaifi, SE. Sambutan kedua alias sambutan pamungkas sekaligus membuka acara adalah dari Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan, yang tak lain adalah saya sendiri.

Ya, hari itu, Kamis (7/2/2019), Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan memang punya gawe, yaitu Seminar Smart Parenting  “Mendidik Anak Saleh di Era Digital” dengan menghadirkan pembicara motivator nasional dari NMA Training Center, Dr. H. Darwito, SE, MM. Acara seminar yang diikuti 300-an peserta yang sebagian besar berasal dari kalangan emak-emak milenial itu,  digelar di gedung Balai Pertemuan Guru (BPG) Kecamatan Godong.

Saya menyampaikan sambutan sebagai Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, sekaligus membuka acara
Doa oleh Ust. Ardiansyah Hasan




Seminar ini merupakan agenda rutin yang diadakan secara periodik dalam rangka memberikan perspektif terkait pengasuhan dan pendidikan anak. Agar orangtua memiliki bekal pengetahuan yang memadai dalam mengasuh anak di era yang semakin sarat tantangan dan problematika.

Mendidik anak saleh di era digital diangkat karena tema ini memang penting dan selaras dengan kebutuhan para orangtua. Mendidik anak di era digital memang sarat tantangan. Juga penuh dinamika tentunya. Dari sinilah kebutuhan akan pengetahuan terkait hal itu menemukan signifikansinya.

Acara pembukaan seminar smart parenting ditutup dengan doa  oleh Ust. Ardiansyah Hasan (Andis), salah seorang wali murid SDIT Ilma Nafia Godong. Setelah itu, acara yang dinanti-nanti telah tiba, yaitu sesi materi seminar oleh Dr. H. Darwito SE, MM.

Mantan Satpam yang Jadi Motivator Nasional

Dr. H. Darwito SE MM saat menyampaikan materi

Sebagai motivator nasional, banyak guyuran motivasi dan inspirasi yang diberikan oleh Pak Darwito kepada para peserta.  Semua disampaikan dengan komunikatif, dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dicerna, namun bertenaga.

Pak Darwito sempat menceritakan kisah sukses hidupnya yang penuh liku-liku kepada para peserta. Motivator kelahiran Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan (Jawa tengah) yang kini ikut berkontestasi sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2019-2024 dari Jawa Tengah dengan nomor 27 itu, pernah menjadi pengamen dan satpam.

Hingga kemudian takdir kehidupan mengantarkannya pada berbagai profesi seperti pimpinan BPR dan guru olahraga, lalu seorang pengusaha kaligrafi berkualifikasi internasional,  dan kini dikenal sebagai motivator nasional dan founder NMA Training Center, di samping sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang.

Penyampaian materi sesekali diselingi game-game yang seru


Jam terbang sebagai motivator yang tinggi menjadikan gaya penyampaikannya sangat komunikatif. Dalam memberi materi, seringkali diselingi game-game yang fun namun penuh makna serta dapat mencuatkan keseruan dalam ruangan seminar.

Salah satu pesan penting Pak Darwito terkait mendidik anak saleh di era digital adalah pentingnya peran orangtua dalam membentuk karakter anak. Menurutnya, proses pembentukan karakter anak dimulai dari seorang anak mengobservasi atau melihat perilaku orang-orang di sekitarnya. Kemudian mengimitasi apa yang dilihat, lalu menjadikan itu sebagai kebiasaan. Dan kebiasaan yang berulang-ulang, itulah yang akan menjadi karakter anak.

Karena itu, pesan Pak Darwito, orangtua sebagai sosok yang paling dekat dengan anak harus memberi contoh atau teladan yang baik kepada anak-anaknya. Jangan memberi contoh yang buruk bila ingin memiliki anak yang saleh dan salehah.

Juga, penting bagi orangtua untuk tidak memaksakan kehendak tanpa mempertimbangkan potensi dasar anak. Berikanlah keleluasaan anak untuk berkembang sesuai bakat dan potensinya.

Full Doorprize

Saya sebagai Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia menyerahkan piagam penghargaan kepada pembicara Dr. H. Darwito, SE, MM seusai seminar
Dr. H. Darwito berpose dengan jajaran panitia seminar

Berpose bersama peserta setelah seminar





Seusai seminar, setelah sesi foto-foto, panitia pun bagi-bagi doorprize kepada peserta. Ada banyak doorprize yang dibagikan, yang kesemuanya dari sponsor. Ada buku-buku persembahan dari Hanum Publisher,   ada Sambal Cabai Kering Mak’e Ndang—yang merupakan sambal cabai kering khas Grobogan, dan ada berbagai oleh-oleh persembahan dari Jagoanoleholeh.com.

Itulah sekelumit serba-serbi keseruan dari acara  Seminar Smart Parenting  “Mendidik Anak Saleh di Era Digital” yang diadakan oleh Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan. Sampai jumpa di seminar parenting berikutnya.* (Kang Asti, www.kangasti.com)

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *