You cannot copy content of this page

Lebih Dekat dengan Sosok Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad, Dai Sejuta Follower. Foto: http://news.unair.ac.id

Era tahun 1990-an, nama KH. Zainudin MZ bersinar di panggung dakwah Indonesia. Ceramah-ceramahnya menyedot perhatian umat sehingga ia dijuluki Dai Sejuta Umat. Era tahun 2000-an, gantian nama KH. Abdullah Gymnastiar yang bersinar di panggung dakwah Nusantara. Dengan mengusung dakwah hati melalui ikon Manajemen Qalbu, ceramah-ceramah kiai yang akrab disapa Aa Gym itu menembus hati umat.

Data buku:

  • Judul: Abdul Somad, Lc, MA, Ustadz Zaman Now
  • Penulis: Ni’amul Qohar & Muhammad Yusuf
  • Penerbit: Mutiara Media, Yogyakarta
  • Cetakan pertama: 2018
  • Tebal: 240 hlm
  • ISBN: 978-602-51569-0-8
Kaver buku Abdul Somad Lc MA, Ustadz Zaman Now

Kini, di era digital, panggung dakwah negeri ini meroketkan nama Ustaz Abdul Somad (UAS) sebagai pendakwah yang digandrungi umat. Video ceramah ustaz alumnus S1 Al-Azhar Mesir dan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute Maroko yang banyak diunggah di Youtube  itu selalu diminati publik. Sehingga ia pun dijuluki Dai Sejuta Follower.

Gaya ceramahnya yang memukau, disampaikan dengan bahasa yang komuniatif, ringan dan mudah dipahami, serta sesekali diselingi joke-joke segar, menjadikan ceramah UAS bukan saja tidak membosankan, namun juga cenderung disukai umat. Apalagi dilengkapi dengan penguasaan agama yang mumpuni, terlihat dari jawaban-jawaban UAS atas pelbagai pertanyaan umat, yang selalui dijawab dengan lugas dan jelas serta argumentatif. UAS piawai mengutip berbagai dalil dari Al-Quran maupun As-Sunnah, juga menukil perkataan ulama dari kitab-kitab turats yang terpercaya.




Kendati demikian, sebagai manusia biasa, apalagi dibesarkan oleh media sosial, sosok UAS tak lepas dari haters dan kontroversi. Beberapa materi ceramah UAS menuai kontroversi  yang memantik para haters berkomen nyinyir terhadapnya. Di antaranya yang menuai kontroversi adalah soal ceramahnya yang dianggap menghina Rina Nose secara fisik. Atau pandangan UAS tentang khilafah yang menurut para haters-nya dianggap mendukung ide khilafah seperti yang diusung oleh ormas—yang kini telah dibubarkan oleh pemerintah, yaitu Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Namun, sejumlah kontroversi itu tak menyurutkan pamor UAS. Ceramah-ceramah UAS tetap menyedot perhatian umat yang menyukainya. Bahkan penyuka ceramah UAS tidak hanya datang dari masyarakat biasa, tapi juga datang dari kalangan artis dan pejabat.

Pada bulan April 2018 lalu, UAS bahkan dinobatkan menjadi salah satu Tokoh Perubahan 2017 versi koran Republika bersama 4 tokoh lainnya yaitu Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Suprajarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin, dan Owner Trusmi Group Sally Giovanny.



Sebagai pendakwah sukses dengan capaian popularitas yang saat ini, boleh dibilang, paling tinggi di panggung dakwah Nusantara dibanding pendakwah lainnya, sosok UAS menarik untuk disimak. Buku berjudul Abdul Somad, Lc, MA, Ustadz Zaman Now yang ditulis oleh Ni’amul Qohar dan Muhammad Yusuf ini menyajikan profil UAS, meliputi riwayat hidup, karya, pesan, dan permikirannya.

Membaca buku ini akan lebih mendekatkan pembaca mengenal sosok UAS, terutama tentang pemikiran UAS atas pelbagai problematika umat. Juga pandangan UAS terkait persoalan agama, sosial, pendidikan, budaya, politik, kebangsaan, kenegaraan, dan sebagainya. Di samping pembaca akan mendapatkan butir-butir inspirasi dari perjalanan hidup UAS yang memang cukup inspiratif. Semoga bermanfaat.*

*) Diresensi oleh Badiatul Muchlisin Asti, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Grobogan, Jawa Tengah. Resensi dimuat di koran Radar Sampit, edisi Minggu, 3 Maret 2019 dengan judul “Senarai Pemikiran Ustaz Abdul Somad”.

Radar Sampit, edisi Minggu, 3 Maret 2019




Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *