You cannot copy content of this page

Berbagi Tips Menulis Esai pada Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai Balai Bahasa Jawa Tengah 2019

Penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr. Tirto Suwondo, M.Hum kepada saya selaku Ketua FSPG menandai kerja sama penyelenggaraan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai 2019

Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai di Hotel Front One Purwodadi pada Sabtu (27/4/2019). Lokakarya diikuti peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dan umum.

Bertindak sebagai pemateri untuk kelas penulisan cerpen adalah Sam Edy Yuswanto, cerpenis Kebumen dan penulis buku antologi cerpen Kiai Amplop dan Impian Maya. Adapun saya menjadi pemateri untuk kelas penulisan esai.

Lokakarya dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. Dalam sambutannya, Tirto menyatakan, acara lokakarya diadakan mengingat masih rendahnya tingkat literasi di masyarakat. Berbagai data menyebutkan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Baca juga: Berbagi Inspirasi di Workshop Gerakan Literasi Sekolah 2018

Pihaknya berharap dengan diselenggarakannya lokakarya ini dapat meningkatkan budaya literasi dan memicu untuk berkarya. Bahkan secara khusus kepada guru yang menjadi peserta terbanyak di acara itu Tirto berpesan, “Menjadi guru itu biasa, tapi menjadi guru yang penulis itu luar biasa.”

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr. Tirto Suwondo, M.Hum saat memberikan sambutan
Berfoto bersama usai acara pembukaan dan penyerahan piagam




Lokakarya diikuti 100 peserta yang dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas penulisan cerpen dengan pemateri Sam Edy Yuswanto dan kelas penulisan esai yang saya sendiri sebagai pematerinya.

Selama sehari penuh para peserta dilatih menulis cerpen dan esai. Tidak hanya teori tapi juga praktik. Harapannya, dari lokakarya ini, satu peserta dapat menghasilkan satu karya sesuai kelas yang dipilih. Karya-karya tersebut nantinya akan dipilih dan karya yang layak akan disunting dan dibukukan dalam sebuah buku antologi.

Berbagi Tips Menulis Esai

Esai, kata saya pada peserta kelas penulisan esai, adalah karangan prosa yang membahas suatu topik dengan sudut pandang personal. Esai bergerak antara subjektivitas dan objektivitas. Esai ditulis dengan gaya ringan dan khas, sehingga setiap penulis memungkinkan memiliki karakter tulisan (esai) yang berbeda.

Saya saat menyampaikan materi tentang penulisan esai




Perbedaan esai dengan artikel opini, esai lebih mengutamakan faktor analisis secara individual, sementara artikel opini lebih mengutamakan analisis dengan bantuan teori atau disiplin ilmu tertentu. Esai juga tidak terlalu ketat soal aktualitas sebagaimana artikel opini.

Baca juga: Berbagi ‘Ilmu Menulis’ Kepada Para Pegiat Literasi di Grobogan

Esa dibagi menjadi dua, yaitu esai formal dan esai informal. Esai formal biasanya ditulis secara lebih serius dan panjang, sedangkan esai informal lebih cair dan santai.

Berfoto bersama dengan sebagian peserta Kelas Penulisan Esai

Dalam kesempatan itu, saya juga berbicara banyak terkait karakteristik esai, ragam, struktur, dan langkah-langkah menulis esai, serta bagaimana menulis esai yang berkarakter.

Selain teori, para peserta juga saya ajak untuk praktik langsung menulis esai. Di sela acara, saya sisipi humor dan game agar suasana lokakarya tidak terlalu serius. Semoga bermanfaat. Salam literasi!* (Kang Asti, www.kangasti.com)

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *