You cannot copy content of this page

Menanamkan Nilai-nilai Islam dengan Metode Montessori

Resensi dimuat di Tribun Jateng, edisi Minggu, 7 Juli 2019

Cara mendidik anak di era sekarang berbeda dengan cara mendidik anak tempo dulu. Perkembangan zaman yang pesat, dengan ditandai semakin canggihnya teknologi informasi, menjadikan orangtua zaman now perlu memiliki metode dan strategi mendidik anak yang sesuai dengan situasi zaman terkini. Seperti kalimat bijak Ali bin Abi Thalib, “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu” .

Data buku:

  • Judul               : Islamic Montessori Inspired Activity
  • Penulis             : Zahra Zahira
  • Penerbit           : Bentang, Yogyakarta
  • Cetakan ke-1   : April 2019
  • Tebal               : x + 231 hlm
  • ISBN               : 978-602-291-528-7




Anak-anak zaman now, apalagi yang lahir setelah tahun 2010 yang sering disebut dengan  istilah ‘generasi Alfa’, telah terbiasa dengan gadget dan piranti teknologi informasi mutakhir lainnya. Sehingga metodologi pengasuhan dan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada mereka membutuhkan strategi dan metode yang up to date dan atraktif (menarik).

Salah satu metode yang menarik dicoba adalah Montessori. Montessori adalah sebuah metode pendidikan yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori. Metode ini merupakan pendekatan yang berpusat pada anak (children centered), serta berdasarkan pengamatan ilmiah terhadap anak (scientific observation). Dari pengamatan inilah kemudian kita mengenal lima aspek Montessori, yaitu Practical Life, Sensorial, Language, Mathematics, dan Culture.

Buku berjudul Islamic Montessori Inspired Activity karya Zahra Zahira, Founder of Indonesia Islamic Montessori Community, ini menawarkan penanaman nilai-nilai religi Islami dan akhlaqul karimah (akhlak mulia) melalui metode Montessori. Dijelaskan, Islamic Montessori adalah pendekatan pendidikan yang menggunakan kelima area Montessori dengan fokus pada aspek perkembangan spiritual agama Islam pada setiap kegiatannya. (hlm. 2).

Islamic Montessori Inspired Activity yang sajikan dalam buku ini berisi serangkaian kegiatan yang terinspirasi dari kurikulum dan filosofi Motessori. Kegiatan-kegiatan yang tersusun di buku ini tidak menyimpang dari prinsip Montessori. Di dalam mengaplikasikan kegiatan dimasukkan kegiatan  Islam yang dapat mendekatkan anak-anak kepada Allah dan mempelajari agama sejak dini. (hlm. 3).




Kegiatan Islamic Studies dalam buku ini sendiri diperuntukkan untuk anak dalam rentang usia 2 – 6 tahun, dengan mencakup pengenalan 5 rukun Islam, 6 rukun Iman, Asmaul Husna, dan kisah-kisah Nabi. Setiap kegiatan disesuaikan dengan tema yang ada. Tidak hanya fokus pada tema, kegiatan Islamic Studies dapat diaplikasikan pada setiap kegiatan lain, seperti Practical Life, Sensorial, Language, Mathematics, dan Culture, dengan mengucap bismillah dan alhamdulillah saat memulai dan mengakhiri kegiatan.

Dalam buku ini, penulis membagi aktivitas Montessori ke dalam 30 tema unggulan. Pada setiap tema terdapat 7 area penting Montessori, yaitu Islamic Studies, Practical Life, Sensorial, Language, Mathematics, Culture, dan Art & Craft.

Buku ini menarik karena serangkaian kegiatan yang dikemukakan di dalamnya, disusun sedemikian rupa, sehingga dapat diaplikasikan oleh orangtua di rumah maupun guru di sekolah, meskipun tanpa memiliki keseluruhan material yang dibutuhkan sesuai dengan standar dan pedoman metode Montessori. Artinya, berbekal peralatan sederhana, Montessori bisa dipraktikkan di rumah dan sekolah, untuk menanamkan nilai-nilai agama sejak dini kepada anak-anak.* (Peresensi: Badiatul Muchlisin Asti)

*Resensi dimuat di Tribun Jateng, edisi 7 Juli 2019

Facebook Comments

Author

badiatulmuchlisinasti@gmail.com
Writer, blogger, book-preneur, dan social-preneur. Direktur Hanum Publisher, Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Sekretaris Forum Masyarakat Madani (FMM) Kabupaten Grobogan, Pengurus bidang program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Grobogan, Ketua Blogger Grobogan, dan Kabid Pendidikan Anti Korupsi DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jawa Tengah. Hobi banget membaca; penyuka kuliner, dan wisata. Tawaran kerjasama via e-mail: badiatulmuchlisinasti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *